Pengalaman Menggunakan BOLT! Super 4G LTE Mobile WiFi MAX

14 minutes 205,343 57

Sejak 28 Desember 2018, layanan Bolt resmi ditutup berdasarkan keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika.


Internet merupakan kebutuhan dasar saya dalam bekerja. Saya seringkali bekerja dari tempat tinggal karena kantor saya berada di Yogyakarta. Karena tempat tinggal saya bukan tempat tinggal permanen alias masih ngekos, berlangganan internet kabel bukan pilihan yang menarik.

Saya sudah mencoba banyak penyedia layanan internet mobile. Mulai dari yang berbasis GSM (3G/3.5G/HSDPA) hingga CDMA (EVDO) pernah saya coba semua. Kendala paling utama adalah kurang stabilnya sinyal jaringan, hingga kualitas layanan yang memburuk, alias internet yang melambat.

Saya pun akhirnya melirik ke BOLT! Super 4G LTE. Saya sudah dengar dan baca beberapa ulasan saat pertama kali layanan ini diluncurkan November 2013 ini. Ulasan yang saya baca lebih banyak yang puas daripada yang kecewa. Beberapa kawan yang telah menggunakan juga memberi testimoni serupa. Saya pun memutuskan untuk berlangganan BOLT! Super 4G LTE.

Berlangganan BOLT! Super 4G LTE

BOLT! Zone Grand Mall Bekasi

BOLT! Super 4G LTE (Long Term Evolution) menggunakan teknologi broadband terbaru 4G yang diklaim lebih cepat sepuluh kali lipat dibanding teknologi lainnya (3G, HSDPA, EVDO).

BOLT! Super 4G LTE dijual dalam bentuk paket bundling bersama modem yang sebenarnya bisa dibeli di beberapa gerai, dari toko ponsel, minimarket, hingga online.

Karena ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan sebelum berlangganan, tanggal 28 Januari 2015, saya mendatangi BOLT! Zone di Grand Mall Bekasi (bukan Grand Metropolitan Mall) di lantai 1 Unit K1 Nomor 7.

Kesan pertama saat mendatangi BOLT! Zone Grand Mall Bekasi ini adalah, serius ini gerai layanan? BOLT! Zone ini begitu sederhana, hanya berupa ruangan kios yang terbuka lebar dengan tiga meja layanan pelanggan plus kursi tunggu di bagian tengah.

Saat saya datang, gerai lengang. Satpam menanyakan maksud dan tujuan saya dan kemudian mempersilakan duduk tanpa memberikan nomor antrean.

Ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan tentang layanan BOLT! Super 4G LTE. Berikut ini beberapa yang bisa jadi pertimbangan jika ingin berlangganan BOLT! Super 4G LTE.

Paket Internet BOLT! Super 4G LTE

Modem BOLT! Mobile WiFi MAX dan Kartu SIM

Layanan BOLT! Super 4G LTE dijual dalam bentuk bundling dengan modem. Artinya, modem harus dibeli dan akan mendapatkan nomor pelanggan (kartu SIM).

Kita bisa memilih model prabayar atau pascabayar. Jika berlangganan secara prabayar, seperti pada penggunaan ponsel lain, kita harus membeli pulsa dan kemudian mengaktifkan paket internet.

Ada beberapa paket bolt yang ditawarkan, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 200.000 dengan sistem kuota dengan jangka waktu yang bervariasi.

Ada banyak cara untuk membeli pulsa atau paket internet BOLT! Super 4G LTE, antara lain dengan langsung datang ke gerai BOLT! Zone untuk mengisi ulang; membeli melalui ATM atau internet banking; hingga melalui aplikasi Android, iOS, dan BlackBerry; dan situs web menggunakan kartu kredit sebagai cara pembayaran.

Karena saya membeli di gerai BOLT! Zone, nomor pelanggan saya langsung diaktivasi oleh petugas. Jika membeli di gerai lain semacam 7-eleven atau toko buku Gramedia, nomor harus diaktivasi terlebih dahulu melalui situs BOLT! Super 4G LTE.

Setelah aktivasi, pelanggan akan mendapat kuota bonus sebesar 8 GB yang berlaku selama 30 hari. Setiap pembelian paket internet akan mendapat bonus kuota yang akan digunakan terlebih dulu sampai habis, sebelum kuota utama digunakan.

Namun sayang, mulai 10 Februari 2015, kebijakan kuota bonus ini berubah. Setiap pembelian paket internet mulai 10 Februari, kuota bonus hanya bisa digunakan mulai pukul 01:00 hingga pukul 08:00 WIB.

Yang perlu diperhatikan, jika paket internet habis, dan pelanggan tidak mengaktifkan paket internet baik secara manual atau otomatis perpanjang, koneksi data akan memotong pulsa yang ada.

Modem BOLT! Mobile WiFi Max dan BOLT! Mobile WiFi Slim

BOLT! Mobile WiFi SLIM dan BOLT! Mobile WiFi MAX

Saat saya datang, ada dua jenis modem yang ditawarkan, meski di situs BOLT! Super 4G LTE sendiri ada lima jenis. Modem teresebut adalah BOLT! Mobile WiFi Max dan BOLT! Mobile WiFi Slim. Apa beda dari kedua modem ini?

Dari segi penampilan ada perbedaan sedikit. Modem BOLT! Mobile WiFi Slim tampilannya sesuai namanya, lebih ramping bila dibandingkan dengan modem BOLT! Mobile WiFi Max.

Perbedaan mendasar terletak pada daya tahan baterai. Modem BOLT! Mobile WiFi Slim mampu digunakan selama kurang lebih 5 jam (kapasitas baterai 1780 mAh), sedangkan modem BOLT! Mobile WiFi Max bisa mencapai 12 jam (kapasitas baterai 3560 mAh).

Jangkauan sinyal wifi kedua modem ini mencapai jarak 5 meter. Menurut saya jarak jangkauan ini masih masuk akal mengingat modem ini toh nantinya terletak tak jauh dari perangkat karena mudah dibawa ke mana-mana.

Dimensi panjang dan lebar, posisi tombol dan layar kedua modem ini sama. Bedanya hanya di ketebalan karena baterai yang digunakan juga berbeda.

Modem ini hanya mampu dihubungkan dengan 8 perangkat lain. Untuk mengatur modem ini bisa menggunakan tombol menu yang ada di badan perangkat atau melalui antarmuka web jika telah terhubung ke modem.

menu di layar modem BOLT! Mobile WiFi MAX

Layar modem menunjukkan beberapa status, yaitu kondisi sinyal yang ditunjukkan dengan bar di samping kiri, status layanan 4G, jumlah perangkat yang terhubung ke modem, dan indikator baterai. Di bagian bawah muncul jumlah data yang telah digunakan serta berapa lama perangkat terhubung ke internet.

Harga modem ini berbeda. Untuk BOLT! Mobile WiFi Max dibanderol dengan harga Rp 499.000 sedangkan BOLT! Mobile WiFi Slim dijual dengan harga Rp 399.000.

Saya memilih BOLT! Mobile WiFi Max karena saya membutuhkan modem yang lebih lama daya tahan baterainya. Modem ini tidak disarankan digunakan dalam keadaan diisi ulang, karena bisa merusak baterai.

Dengan menggunakan pengisi daya yang tersedia, modem BOLT! Mobile WiFi Max bisa terisi penuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Jangkauan Sinyal BOLT! Super 4G LTE

Sebelum memutuskan berlangganan, saya melakukan pengecekan apakah tempat saya dalam wilayah cakupan jaringan atau tidak. Kendala lain, biasanya meski daerah sudah masuk area cakupan, namun karena di sekeliling terdapat bangunan tinggi seperti apartemen, sinyal yang ditangkap menjadi kurang maksimal atau hilang sama sekali.

Pengecekan jaringan bisa dilakukan melalui situs BOLT! Super 4G LTE.

Pengalaman Menggunakan BOLT! Super 4G LTE Mobile WiFi MAX

Saya menyerahkan KTP saya kepada petugas untuk didaftarkan. Saya diminta nomor telepon dan alamat email untuk keperluan korespondensi dan notifikasi.

Setelah melakukan proses pembayaran, saya pun langsung membawa pulang modem dan nomor pelanggan yang telah aktif.

Fisik Perangkat

bagian dalam modem

Saya membuka bagian belakang modem untuk melihat spesifikasinya. Di bagian belakang, tempat baterai, terletak slot kartu SIM berukuran standar dan slot kartu microSD. Di bawah slot-slot ini tertera spesifikasi modem.

Modem BOLT! Mobile WiFi Max merupakan perangkat keluaran Huawei dengan seri E5372s. Di bagian belakang tempat baterai tertera nama SSID default lengkap dengan kata sandinya. Nomor IMEI, MAC address, dan nomor seri juga tertera di sana.

Yang menarik, meski modem ini keluaran Huawei, tertulis “buatan Indonesia” lengkap dengan nama perusahaan PT Panggung Electric Citrabuana.

Wifi yang digunakan secara default menggunakan mode enkripsi WPA/WPA2-PSK yang dikunci dengan kata sandi. Kata sandi bisa diubah melalui antarmuka web yang diakses bukan melalui peramban ponsel, karena antarmukanya berbeda.

Fisiknya berdimensi panjang 10 cm, lebar 6 cm, dan tebal 2 cm. Modem BOLT! Mobile WiFi Max masih nyaman dibawa dan digenggam dengan satu tangan, meski pada penggunaannya modem ini hanya diletakkan begitu saja.

Sinyal dan Konektivitas

Saya sempat mencoba konektivitas tersebut di gerai BOLT! Zone dan merasakan betapa cepatnya akses internetnya.

Saya mencoba koneksi BOLT! Super 4G LTE di rumah pacar di sekitar Sumber Arta, Kalimalang. Di dalam rumah, sinyal hilang sama sekali meski dalam peta jaringan, rumah pacar masuk dalam area layanan.

Saat modem dibawa keluar rumah, muncul bar 1 batang yang paling kecil, menandakan sinyal yang sangat lemah. Saya pun mencoba kecepatan koneksi internet menggunakan layanan Speedtest dari Ookla, mendapatkan kecepatan download/upload 1,55 Mbps/0,07 Mbps ke Jakarta dan 1,17 Mbps/0,06 Mbps ke Dallas, Texas.

Di tempat saya, yang tak jauh dari rumah pacar, saya mendapatkan 3 bar sinyal dari total 5 sinyal. Koneksinya cukup stabil dan saat diukur menggunakan layanan Speedtest dari Ookla, hasilnya adalah 8,99 Mbps untuk download dan 1,69 Mbps upload ke Jakarta dan mendapat 5,50 Mbps download dan 1,28 Mbps upload ke Dallas, Texas.

Selain menggunakan layanan Speedtest dari Ookla, bisa juga menggunakan layanan Speedtest dari Comparitech yang akan memberikan donasi sebesar $0,01 untuk setiap tes kecepatan yang dilakukan ke Computers 4 Africa dan Electronic Frontier Foundation.

Untuk kecepatan, BOLT! Super 4G LTE sepertinya masih jauh dari klaim yang mencapai 72 Mbps. Saya tak tahu apakah jika sinyal penuh hingga 5 bar, maka kecepatan yang dijanjikan bisa didapatkan?

Namun untuk kestabilan, BOLT! Super 4G LTE bisa diacungi jempol. Sinyal yang saya dapat stabil dan koneksinya bisa saya gunakan untuk voice conference call menggunakan Skype selama sekitar 2 jam.

Koneksi internet sedikit terganggu biasanya saat hujan deras. Selain itu hampir tidak ada gangguan berarti.

Baterai

baterai modem

Baterai modem BOLT! Mobile WiFi Max berkapasitas 3560 mAh (13,2 Wh) yang bekerja pada tegangan 3,7 V. Baterai diproduksi oleh Huawei dengan seri HB5F3H-12 GB/T 18287-2013. Tegangan yang digunakan untuk mengisi baterai maksimum 4,2 V.

Baterai modem BOLT! Mobile WiFi Max bisa dibilang cukup tangguh. Saya cukup mengisi sekali dalam sehari. Pengisian biasanya saya lakukan di malam hari untuk bekal bekerja esok harinya.

Perangkat yang terhubung ke modem sekitar 4-5 buah, yang terdiri dari laptop dan ponsel. Saya tidak mengukur apakah modem bisa bertahan selama 12 jam, karena saya kadang mematikan modem saat tidak digunakan dan menyalakan kembali saat butuh.

Saat diisi ulang, tidak ada indikator apakah baterai telah terisi penuh atau tidak, karena saat diisi indikator baterai selalu menyala sedang diisi. Saya biasanya berpatokan jika telah diisi selama 1 jam, maka baterai sudah penuh. Rasanya akan lebih membantu jika ada indikator apakah baterai sudah terisi penuh atau tidak.

Pengaturan Perangkat

Antarmuka web membuat pengaturan modem menjadi lebih gampang, seperti misalnya mengubah nama wifi (SSID) dan kata sandi wifi. Dari halaman antarmuka web ini pula, bisa dilihat status sinyal dan kondisi baterai, serta jumlah data yang digunakan serta lama koneksi.

Untuk melihat profil penggunaan dan kuota yang tersisa, bisa masuk ke situs web BOLT! Super 4G LTE atau mengunduh aplikasi untuk Android, iOS, maupun BlackBerry.

Mengisi ulang paket internet juga bisa dilakukan dengan mudah. Saya pernah mencoba mengisi ulang paket internet melalui aplikasi Android dengan metode pembayaran Mandiri ClickPay. Cepat dan mudah.

Saya cukup puas dengan layanan BOLT! Super 4G LTE. Saya berharap kualitas layanan bisa ditingkatkan, minimal bisa dipertahankan meski jumlah pelanggan terus bertambah.

Galeri Foto

71 responses
  1. Gravatar of lindaleenk
    lindaleenk

    Ini kamu pakainya di Jakarta kan? Bukan di Jogja?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    iya. jaringan BOLT! kan cuma ada di Jabodetabek.

  2. Gravatar of jo keio
    jo keio

    bro, pasca bayar perbulan berapa ya kalo tau. gw langganan di tokyo yg sejenis 300rb sebulan dpt 5giga.

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    menurut situs BOLT! Rp 149.000/bulan.. http://www.boltsuper4g.com/pascabayar.html

  3. Gravatar of didut
    didut

    Kalau aku pake modem yang lama aku udah abused habis-habisan hahahahaha~
    Kalau di rumah nyala terus colok kabel LOL
    Pas dilepas yang lama ini cukup oke, minimal tahan 3-5 jam. Kalau yan baru aku pikir gak selama itu.

  4. Gravatar of ary
    ary

    pengalaman ane dengan modem wifi slim saat batry habis total waktu ngecharg +- 3 jam sampai indikator batry nya penuh 4bar.

  5. Gravatar of jaz
    jaz

    wah saya ketipu nih .. saya beli untuk WIFI Slim dihargai 470 ribu terus perdananya beli sendiri lagi sebesar 80ribu .. seharusnya khan untuk paket perdana + wifi slim cuman seharga 399ribu … waduh terlambat baca sih blog ini 😀 …

  6. Gravatar of A.Barkah
    A.Barkah

    Untuk modem Bolt ini jaringannya masuk area Jawa Barat (Purwakarta) gak?
    Kemudian ini bisa pake kartu perdana apa saja ?
    Terimaksih maaf banyak nanya soalnya ayah saya beli modem ini tapi saya belum tahu informasi dari modem ini 😀

  7. Gravatar of rahman
    rahman

    Min gmna tuh klo ada tulisan device locked di layarnya, minta solusinya dong

    Gravatar of willi
    willi

    unlock aja. jangan diupdate lagi nti kelock lagi

  8. Gravatar of budi
    budi

    gan,,,abis new software,ada tulisan device locked ni di bolt 4g LTE slim ku nih,,,gimana ngoprasikannya lagi niech,,,mohon petunjuk,,,trima kasih,

    Gravatar of rudi
    rudi

    gemana membuka lock pada perangkat wifi yg dilock kartu sim

  9. Gravatar of fatma
    fatma

    pagi ini ada tulisan device locked jg di modem saya…
    udah coba pencet tombol di belakangnya, tp masih locked.. gimana nih..

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    modem Bolt memang dikunci dan hanya bisa digunakan untuk kartu Bolt saja. Bolt hanya bisa digunakan di Jabodetabek dan Medan.

    Gravatar of willi
    willi

    bisa di-unlock pake dc-unlocker. 🙂

  10. Gravatar of agung
    agung

    mohon info: saya gunakan BOLT!Super4G. Dilayar terdapat tulisan UPDATE saya tekan power sekali, kayaknya perangkat melakukan download. Setelah selesai muncul Device Lock. jadi sekarang perangkat tidak berfungsi. Ada yang tahu solusinya . Trimakasih bantuannya

    Gravatar of nfa
    nfa

    Ada device locked di bolt gimana cara membuatnya menjadi seperti biasa??

  11. Gravatar of ari
    ari

    agan agung.itu brarti bolt agan udah di unlock sblmnya.klo bolt sudah di unlock tidak disarankan untuk di update.cukup tkan tombol menu saja buat cancel.solusinya ya di unlock lg.harga unlock biasanya 50 rb.

    Gravatar of willi
    willi

    klo mau gratis , googling & cari crack / patch nya , sy udah nemu kok 🙂

  12. Gravatar of Service Komputer Surabaya
    Service Komputer Surabaya

    Terimakasih, ulasannya pak, saya sedang pertimbangkan untuk membeli bolt, untuk warkop saya, sementara menggunakan speedy, saya pikir untuk pendampingnya saya backup dengan bold, thanks ataas sharingnya.

  13. Gravatar of supri
    supri

    Kenapa bolt sy putus nyambung ya koneksinya? lama kelamaan ga ada bedanya sama yg lain

    Gravatar of andre
    andre

    Bolt ku muncul divice locked gimana caranya supaya kembali ke normal??

  14. Gravatar of opojenenge
    opojenenge

    Saya ingin berkomentar tentang bolt. Keadaan saya saaat ini mempunyai 700mb quota dan pulsa 25rb. Karna saya tahu sodara saya ingin menginap dirumah saya , saya beli pulsa 100rb pada hr ini untuk persediaan menambah paket jika sodara saya perlu jadi tidak beli2 lagi. Keesokan harinya sodara saya datang, saya bermain game online rf private server dimana jika saya bermain 4 jam itu hanya menghabis kan 200-300mb ( sudah di cek kemakan quotanya brp ) , lalu saya bermain game itu hanya 3 jam atau itung saja saya bermain 4 jam dan sodara saya hanya bermain craft menggunakan internet. Lalu kemudan saya mengecek di my bolt bahwa , quota utama tersisa 0 dan pulsa utama yg tadinya 125rb sekarang menjadi 35rb. Semustinya itu hanya abis 500mb paling banyak dan sisa 200mb bukan? Sedangkan sekarang malah kemakan pulsa saya. Dengan kejadian ini saya akan BERHENTI BERLANGGANAN! Lebih baik saya berlangganan indihome atau mnc play media dimana quota unlimited+tv+telepon rumah , harga sangat murah dengan kecepatan 10mpbs untuk indihome dan kecepatan 7mbps untuk mncplaymedia. 2 2 nya itu murah dan ga mungkin lagi ada kejadian seperti ini. Bukan karna itu saja yg menyebabkan saya berhenti berlangganan, paket yg ditawarkan bolt makin hari makin membuat pelanggan kecewa. Saya sudah muak dengan bolt! Mendingan kalian ganti dan jangan berlangganan bolt , jangan sampai anda kesal dan mengulangi kejadian seperti saya.

    Gravatar of emadeus
    emadeus

    mungkin ada perangkat lain yang terhubung ke modem tersebut. baik disengaja aupun tidak disengaja.

    Gravatar of Kredit Mitsubishi
    Kredit Mitsubishi

    Untung gak pernah kaya gini, klo kuota udah mau abis biasa gak isi pulsa dulu, dan emang susah mai isi ulang bolt, blm bisa disemua atm, aku selalu isi di Indomaret. Dulu ada email pemberitahuannya loh tiap quota udah sisa 200 MB-an, skrg emailnya dateng suka telat, kuota udah habis baru email dtg

    Gravatar of Adhikha
    Adhikha

    Untuk @opojenenge :: Anda sebaiknya jangan memprovokasi dan menyudutkan seperti itu gan!…. Jika anda rugi itu kan kemungkinan sendiri… Bisa saja kan saudara anda tidak sengaja menghabiskan kuota tersebut tanpa anda ketahui, atau malah anda salah melihat sisa kuota terakhir yang dimiliki…
    Dalam hal ini menurut saya pihak Bolt tidak salah, tapi anda malah meng “kambing hitam” kannya dan justru bicara yang tidak patut, padalah Bolt seharusnya tidak bisa disalahkan dalam hal ini.

  15. Gravatar of bonz
    bonz

    Knpa kok punya saya ga bisa di pake buat putar video di ho blackberry ya..

    Tolong dong pencerahan nya..!

  16. Gravatar of Maywell
    Maywell

    Gan, nanya donk… di settingnya tidak ada pengaturan jarak wifi ya? Karena di modem Bolt yg versi awal, ada pengaturan jarak wifi short range dan long range… mohon dijawab gan, ke email saya. Terima kasih.

  17. Gravatar of emadeus
    emadeus

    setuju sama ulasannya masbro ttg Bolt. ane sendiri ckup lihat2 beberapa artikel sampaik akhirnya beli Bolt di akhir tahun lalu. sejak saat itu sampai sekarang nggak pernah kecewa (bahkan ketika harga bolt semakin mahal paketnya, itu pmerupakan opsi termurah yang bsia saya dapatkan, utk kecepatan itu)

    masalah yang saya hadapi ketika tinggal di kost saya di jakarta pusat adalah tidak ada sinyal di rumah, namun unungnya ada beberapa rekan di forum2 yang share cara mendapatkan sinyal dengan menggunakan kabe estender ke antenna (bolt Max bisa dimasukkan colokan antenaa khusus yang dimasukkan ke lubang di sebelah kanan Modem). hasilnya? dulu yang asalnya No Service kini kembali bsia surfing dengan puasa dan mendapat 3 bar.

    speed internet? tidak perlu ditanya, dari dulu sampai sekarang bisa streaming HD tanpa hambatan. pakai torrent dapat speed bisa 2,5MB/s. kalau spedtest variatif, tertinggi sampai 20MBps, dan terendah bisa 2Mbps.

    so far, puasa sekali pakai bolt, sayang sekali daerah lain belum bsia enikati bolt.

  18. Gravatar of ricky
    ricky

    seharus jaringan bolt itu lebih luas ……bukan hanya di jakarta dan di medan saja , setidak nya seluruh pulau jawa ada jaringan wifi bolt

  19. Gravatar of yogi
    yogi

    Sekedar info aje sebenernya ada aplikasi yg bisangatur bolt mulai dari user sampe file yg diselipkan di mpdem bolt

  20. Gravatar of nur
    nur

    met malam bang, saya mau tanya tentang BOLT! Mobile WiFi SLIM katanya bisa menampung 8 perangkat, tapi saya punya 2 Hp BB dan 1Android tapi yg 1 BB itu gak bisa conect trims untuk penjelasannya.

  21. Gravatar of Kredit Mitsubishi
    Kredit Mitsubishi

    Iya, bolt di daerahku juga putus nyambung, beda klo lg di tempat lain. Kuota tambah mahal jg ah harganya, klo diitung2 lbh murah pake indihome atau firstmedia, atau untuk mobile pake smartfren (yg juga udah mulai mahal).

  22. Gravatar of grace
    grace

    Cari dmn ada N*** M****, signal bolt kuat..
    Ane selama ini udah 1 tahun tidak ada masalah… 🙂

    Anyway, nice info gan..

  23. Gravatar of Tiara
    Tiara

    Saya tidak pernah bermasalah dengan modem bolt slim. Eh tapi kemaren kok modem saya ga bisa ngedetect sim card. Apajah karena kuotanya sudah habis?

  24. Gravatar of Firansyah Ardilla
    Firansyah Ardilla

    Coba lihat posttingan link dibawah, semoga bisa membantu.
    http://unlockmodembolt.blogspot.com/2015/04/cara-unlock-modem-bolt-orion.html

  25. Gravatar of Indoavanzado
    Indoavanzado

    Oh ya untuk teman-teman yang mungkin belum tercover jaringan Bolt dengan baik tidak ada salahnya mencoba menggunakan Antena Yagi , banyak kok di jual di toko online , semoga membantu . 🙂

  26. Gravatar of Aldi Unanto
    Aldi Unanto

    kalo gitu boleh deh, pengen coba cicipi BOLT! juga. hihi

  27. Gravatar of Aziiz
    Aziiz

    gan mau tanya nih kan saya beli bolt yang 4g max nah saya isi pake kartu simpati yang 4g dan modemmnya sudah di unlock tapi kenapa ya sinyalnya 3g bukan 4g mohon bantuannya terima kasih.

  28. Gravatar of Tiara
    Tiara

    Mas, di jogja udah ada jaringan Bolt tah? di Cirebon ko belom ada ya?

  29. Gravatar of ratna
    ratna

    Batre hp ivo v5 nya udah drop beli dimana ya.. Ga ada yg jual soalnya ke bolt zone juga ga ada

  30. Gravatar of willi
    willi

    sy baru coba pake Bolt MAX 2. udah unlocked semua kartu bisa, smartfren4G jalan, cuma default O/S nya dari bolt, jadi ga bisa lihat kuota klo pake kartu selain bolt 🙂

  31. Gravatar of yudistira
    yudistira

    saya di ambon, penggunaan bolt pakai kartu simpati, bisa konek ke ipot g

  32. Gravatar of yudistira
    yudistira

    tolong jelaskan setinggan buat bolt

  33. Gravatar of Vyunk
    Vyunk

    Apakah kartu perdana Bolt tersedia di counter2 pulsa biasa? Kalo ada kisaran harga berapa? Apakah dapet bonus kuota 8gb juga seperti dari bundlingan modemnya? Makasih

  34. Gravatar of Akbari
    Akbari

    Gan mau nanya nih, sekarang kok aktivasinperdana copotan agak susah ya, aktivasinya gimana ua tolong ane gan ini sayang sayang ada 2 perdana copotan.

  35. Gravatar of Fatima
    Fatima

    Sedikit mengecewakan,modem bolt yang saya miliki hanya bisa connect di lantai atas rumah saya,sedangkan saya jarang betada di atas,terpaksa modem saya simpan di atas,sayangnya sinyal wifi tidak sampai kebawah

  36. Gravatar of Goresan Informasi
    Goresan Informasi

    Apa bisa dipakai pada jaringan 3G gan?

  37. Gravatar of jasa pembuatan website
    jasa pembuatan website

    bermanfaat sekali mas.. terima kasih

  38. Gravatar of ali rachmat
    ali rachmat

    Kekuatan batrai bolt sampai berapa jam. Yaa mohon penjelasanya???????

  39. Gravatar of ali rachmat
    ali rachmat

    Kekuatan batrai bolt. Wifi brapa jam

  40. Gravatar of Arjuna
    Arjuna

    Sayangnya di daerah ane belom terjangkau jaringan Bolt, tapi ane cukup puas ko make Modem Bolt yang udah di Unlock dengan operator lain.. Harapan ane sih suatu saat jaringan Bolt sampe ke daerah ane, biat ane bias ngerasain wusssss nya pake Bolt. Thanks admin..

  41. Gravatar of Pusatpay
    Pusatpay

    Batre modem bolt gampang banget ngedrop 🙁

  42. Gravatar of wahyudi
    wahyudi

    Tengyu infonya

  43. Gravatar of Gny
    Gny

    Mau nanya kalo bolt dipake buat android yg masih pake jaringan 3g kayal lg magna bsa ga??

  44. Gravatar of risky
    risky

    mau tanya kalo bolt perdana atau sim card make cdma biasa gak ya ????

  45. Gravatar of Mifiku
    Mifiku

    Coba cek di http://www.mifiku.com , mudah-mudahan ada tambahan informasi dari sana..

  46. Gravatar of okha
    okha

    apakah bolt orion ada pengaturan jaringannya dag?
    kenapa kalou disekitar MTC bisa dipakai tiba di kosan aku bolnya g bisa dpakai( dkonekan dengan leptop)
    dimontornya juga tertulis no service

  47. Gravatar of Sarah
    Sarah

    Numpang tanya nih , misalnya saya beli boltnya di medan plus kartunya , trus sayya bawa ke jakarta masih bisa gak kartu nya itu dipake ? Kok dimedan sinyalnya kencang tiba tiba dijakarta lemah malah ga bisa digunain

  48. Gravatar of Kuswanto
    Kuswanto

    Tolong tingkatkan jaringan wifi bolt di semua daerah jawa jangan di jabodetabek aja,,,tolong kasih jawaban!!!???

    Gravatar of wewe
    wewe

    eh bego, sono ngomong ke bolt

  49. Gravatar of Kartika
    Kartika

    Saya mau nanya bolt itu bisa gunain krtu lain?
    Cara buat aktipin krtu lainnya gmna?

  50. Gravatar of Nuria
    Nuria

    Kk. Kenaapa dirumah saya jaringannya selalu no service . padahal saya semalam baru beli di carefour
    Ini alamat rumah saya kk.
    Tolonglah saya banyak kerjaan ni, d laptop saya no service
    Jl. Sederhana Dsn. XI Bakung Desa Sambirejo Timur Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang

  51. Gravatar of noetral
    noetral

    bah ngos-ngosan gitu bang kecepatan bolt nya, tapi okelah dah di kasih tau review nya 😀

  52. Gravatar of Rara
    Rara

    Apakah bolt bisa digunakan diluar jabodetabek dan medan?Soalnya saya pernah lihat ada teman saya yang pakai bolt di luar daerah itu dan bisa digunakan.

  53. Gravatar of mifi 4g
    mifi 4g

    Thanks infonya, sangat bermanfaat

  54. Gravatar of afia zahra
    afia zahra

    gan kalo wifi portabel bolt ada tulisan devicelocked saat di isi kartu itu kenapa y minta pencerahannya gan

  55. Gravatar of Will's
    Will's

    Sedih..x saya di paua ngak ada jaringannya

  56. Gravatar of Walidin
    Walidin

    Selama ini bolt masih kencang. Meski saya ga nyibain mana yang terkencang di antara banyak provider. Kalau untuk paket datanya saya ga berlangganan, karena pemakainnya tidak tentu. Biasa lah.. Blogger nyambi kerja. Eh salah.. Kerja nyambi ngeblogger. Kadang sering download kalau lagi di rumah. Kalau lagi kecapeaan tidak dipakai sama sekali.

    Nah.. Kalau untuk pembelian pulsa/paket data, saya pakai yang ada sistem referalnya mas. Karena selalu ada cashback setiap transaksi pembelian dari referal kita. Selain itu ada juga komisi lainnya.

  57. Gravatar of dodi
    dodi

    Apa bsa langsung konek ke hp tmpa laptap atw pc