Membuat “Custom Sticker” di Telegram

Artikel ini ditayangkan pada 6 Januari 2015, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Telegram merupakan aplikasi pertukaran pesan yang mulai naik daun. Telegram dikembangkan oleh dua bersaudara Pavel dan Nikolai Durov asal Rusia. Aplikasi ini berbasis pada teknologi cloud yang menitikberatkan pada kecepatan dan keamanan. Yang menarik, Telegram dirilis secara gratis dan terbuka (open source).

Seperti pada aplikasi pertukaran pesan lainnya semacam WhatsApp, LINE, KakaoTalk, dan sebagainya, Telegram juga mampu mengirimkan foto, dokumen, pesan suara, dan video. Fitur keren lainnya adalah fitur percakapan rahasia, di mana pengguna bisa saling bertukar pesan yang kemudian pesan tersebut secara otomatis bisa terhapus.

Baru-baru ini, pada tanggal 2 Januari 2015, Telegram merilis fitur yang mendukung sticker. Telegram telah menyediakan sticker siap pakai dengan mengambil tokoh-tokoh ternama, yang saat tulisan ini dibuat, ada 14 sticker yang bisa dipilih.

Namun, rupanya kita bisa membuat sendiri sticker ini. Terima kasih kepada teknologi WebP yang dikembangkan oleh Google. Format WebP merupakan format gambar baru yang mendukung teknologi lossy (gambar dikompresi hingga kualitasnya sedikit menurun) dan loseles (gambar dikompresi tanpa mengurangi kualitas gambar). Teknologi WebP ini masih terus dikembangkan.

Membuat Custom Sticker

tampilan sticker di Telegram tampilan sticker di Telegram

Nah, sekarang mari membuat sendiri sticker untuk dibagikan di Telegram. Caranya cukup gampang. Di tulisan ini saya mengambil foto untuk dijadikan sticker.

Pertama, siapkan foto yang akan digunakan sebagai sticker. Kemudian buka aplikasi penyunting foto kesayangan. Di sini, saya menggunakan Pixlr Editor, sebuah aplikasi penyunting foto berbasis web yang cukup powerfull dan mirip dengan Adobe Photoshop.

Saya menyunting foto untuk menghilangkan gambar latar belakang yang mengganggu. Saya sengaja membuat latar belakang transparan. Kemudian, simpan foto tersebut dalam format PNG yang mendukung gambar transparan.

Ukuran yang disarankan Telegram adalah 512×512 piksel. Namun kita bisa menggunakan ukuran berapa pun, bisa berformat portrait (tegak) atau landscape (mendatar). Namun sebaiknya gambar memiliki lebar maksimal 512 piksel agar sticker bisa tampil lebih apik.

Setelah gambar PNG disimpan, saatnya mengkonversi gambar tersebut ke WebP. Saya menggunakan Online Convert untuk melakukan tugas ini. Cukup dengan mengunggah gambar yang akan dikonversi lalu tekan tombol Convert File dan gambar akan berubah format menjadi WebP.

Untuk mengirimkan sticker, gunakan Telegram versi web. Kemudian pilih kirim dokumen (pilih format dokumen, bukan foto). Voila, sticker pun langsung muncul!

Jika melakukan forward sebuah sticker, sticker tersebut akan tersimpan di daftar sticker kita, sehingga kita bisa dengan mudah mengirimkannya kembali.

Gampang, bukan? Untuk mencoba, silakan unduh sticker yang telah saya buat berikut, kemudian kirim melalui Telegram.

Saya juga membuat dan mengumpulkan beberapa sticker selebriti Indonesia. Silakan cek di Github.

Catatan

Selamat bermain-main dengan sticker!

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

11 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 6 Januari 2015, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

nonadita

11 Januari 2015 22:17

Wakakakakakaka.....
Lucu amat. Bisa bikin jasa desain stiker Telegram tuh..

Faizal

11 Februari 2015 09:54

Masih blm ngerti kalimat ini: "Jika melakukan forward sebuah sticker, sticker tersebut akan tersimpan di daftar sticker kita, sehingga kita bisa dengan mudah mengirimkannya kembali". Daftar stiker nya ada dimana ya?

Becky

2 April 2015 10:16

wahahaha lucu banget. kalo buat di line juga bisa gak nih ya?

moumoe

24 Mei 2015 05:51

Adminnya gak bersahabat, ada komen gak dibalas

nirma

8 September 2015 16:08

mantappp kang..

satrio hap

10 September 2015 12:49

Nice bgt infonya, makasih banyak mas

Botol Susu Tommee Tippee

15 November 2015 18:14

Trims banget gan buat tutorialya
Btw mau tanya, ane udah berhasil bikin stikernya, tapi ko ga ada ya di bagian Recent stiker?

Kalo gitu kejadiannya apa ada salah ya?
Mohon pencerahannya, trims

Botol Susu Tommee Tippee

15 November 2015 18:15

Btw mau tanya, ane udah berhasil bikin stikernya, tapi ko ga ada ya di bagian Recent stiker?

Kalo gitu kejadiannya apa ada salah ya?
Mohon pencerahannya, trims

Cetak Foto Kanvas

5 September 2016 10:37

wahh baru tau nihh, makasih banyak buat infonya

jasa kirim motor

5 September 2016 13:22

ohh jadi gitu ya, thanks buat tutorialnya bro

Vans Indonesia

5 September 2016 15:16

Jadi gambar yang mau digunakan harus berformat .PNG ya?

Statistik

Telah dibaca 34.027 kali. Waktu baca rata-rata 4 menit. Ada 11 komentar.