Membuat “Custom Sticker” di Telegram

4 minutes 36,709 11

Telegram merupakan aplikasi pertukaran pesan yang mulai naik daun. Telegram dikembangkan oleh dua bersaudara Pavel dan Nikolai Durov asal Rusia. Aplikasi ini berbasis pada teknologi cloud yang menitikberatkan pada kecepatan dan keamanan. Yang menarik, Telegram dirilis secara gratis dan terbuka (open source).

Seperti pada aplikasi pertukaran pesan lainnya semacam WhatsApp, LINE, KakaoTalk, dan sebagainya, Telegram juga mampu mengirimkan foto, dokumen, pesan suara, dan video. Fitur keren lainnya adalah fitur percakapan rahasia, di mana pengguna bisa saling bertukar pesan yang kemudian pesan tersebut secara otomatis bisa terhapus.

Baru-baru ini, pada tanggal 2 Januari 2015, Telegram merilis fitur yang mendukung sticker. Telegram telah menyediakan sticker siap pakai dengan mengambil tokoh-tokoh ternama, yang saat tulisan ini dibuat, ada 14 sticker yang bisa dipilih.

Namun, rupanya kita bisa membuat sendiri sticker ini. Terima kasih kepada teknologi WebP yang dikembangkan oleh Google. Format WebP merupakan format gambar baru yang mendukung teknologi lossy (gambar dikompresi hingga kualitasnya sedikit menurun) dan loseles (gambar dikompresi tanpa mengurangi kualitas gambar). Teknologi WebP ini masih terus dikembangkan.

Membuat Custom Sticker

tampilan sticker di Telegram

Nah, sekarang mari membuat sendiri sticker untuk dibagikan di Telegram. Caranya cukup gampang. Di tulisan ini saya mengambil foto untuk dijadikan sticker.

Pertama, siapkan foto yang akan digunakan sebagai sticker. Kemudian buka aplikasi penyunting foto kesayangan. Di sini, saya menggunakan Pixlr Editor, sebuah aplikasi penyunting foto berbasis web yang cukup powerfull dan mirip dengan Adobe Photoshop.

Saya menyunting foto untuk menghilangkan gambar latar belakang yang mengganggu. Saya sengaja membuat latar belakang transparan. Kemudian, simpan foto tersebut dalam format PNG yang mendukung gambar transparan.

Ukuran yang disarankan Telegram adalah 512×512 piksel. Namun kita bisa menggunakan ukuran berapa pun, bisa berformat portrait (tegak) atau landscape (mendatar). Namun sebaiknya gambar memiliki lebar maksimal 512 piksel agar sticker bisa tampil lebih apik.

Setelah gambar PNG disimpan, saatnya mengkonversi gambar tersebut ke WebP. Saya menggunakan Online Convert untuk melakukan tugas ini. Cukup dengan mengunggah gambar yang akan dikonversi lalu tekan tombol Convert File dan gambar akan berubah format menjadi WebP.

Untuk mengirimkan sticker, gunakan Telegram versi web. Kemudian pilih kirim dokumen (pilih format dokumen, bukan foto). Voilasticker pun langsung muncul!

Jika melakukan forward sebuah stickersticker tersebut akan tersimpan di daftar sticker kita, sehingga kita bisa dengan mudah mengirimkannya kembali.

Gampang, bukan? Untuk mencoba, silakan unduh sticker yang telah saya buat berikut, kemudian kirim melalui Telegram.

Saya juga membuat dan mengumpulkan beberapa sticker selebriti Indonesia. Silakan cek di Github.

Catatan

Selamat bermain-main dengan sticker!

11 responses
  1. Gravatar of nonadita
    nonadita

    Wakakakakakaka…..
    Lucu amat. Bisa bikin jasa desain stiker Telegram tuh..

  2. Gravatar of Faizal
    Faizal

    Masih blm ngerti kalimat ini: “Jika melakukan forward sebuah sticker, sticker tersebut akan tersimpan di daftar sticker kita, sehingga kita bisa dengan mudah mengirimkannya kembali”. Daftar stiker nya ada dimana ya?

  3. Gravatar of Becky
    Becky

    wahahaha lucu banget. kalo buat di line juga bisa gak nih ya?

  4. Gravatar of moumoe
    moumoe

    Adminnya gak bersahabat, ada komen gak dibalas

  5. Gravatar of nirma
    nirma

    mantappp kang..

  6. Gravatar of satrio hap
    satrio hap

    Nice bgt infonya, makasih banyak mas

  7. Gravatar of Botol Susu Tommee Tippee
    Botol Susu Tommee Tippee

    Trims banget gan buat tutorialya
    Btw mau tanya, ane udah berhasil bikin stikernya, tapi ko ga ada ya di bagian Recent stiker?

    Kalo gitu kejadiannya apa ada salah ya?
    Mohon pencerahannya, trims

  8. Gravatar of Botol Susu Tommee Tippee
    Botol Susu Tommee Tippee

    Btw mau tanya, ane udah berhasil bikin stikernya, tapi ko ga ada ya di bagian Recent stiker?

    Kalo gitu kejadiannya apa ada salah ya?
    Mohon pencerahannya, trims

  9. Gravatar of Cetak Foto Kanvas
    Cetak Foto Kanvas

    wahh baru tau nihh, makasih banyak buat infonya

  10. Gravatar of jasa kirim motor
    jasa kirim motor

    ohh jadi gitu ya, thanks buat tutorialnya bro

  11. Gravatar of Vans Indonesia
    Vans Indonesia

    Jadi gambar yang mau digunakan harus berformat .PNG ya?