Mengurus Pembatalan Tiket Kereta Api

8 minutes 72,474 16

Rencananya Rabu, 15 Oktober 2014, saya berada di kereta ekonomi Jaka Tingkir dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwosari, Solo. Namun apa daya, karena pacar terserang typhus dan harus istirahat total, rencana tersebut batal.

Saya sudah jauh-jauh hari memesan tiket untuk 3 orang, yaitu saya, pacar, dan Ollie. Rencananya, saya dan pacar akan berada di Solo dan Jogja, sedangkan Ollie akan melanjutkan perjalanan ke Semarang atau Bali.

Pembelian Tiket

antrean mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri)

Tanggal 2 Oktober 2014 saya memesan tiket melalui situs Tiket.com. Harga total yang saya bayar untuk bertiga adalah Rp 262.600.

Harga tiket kereta ekonomi Jaka Tingkir adalah Rp 95.000, namun saya mendapat potongan harga (diskon channel) sebesar Rp 7.500, sehingga harga per tiket menjadi Rp 87.500. Total harga tiket, adalah 3 × Rp 87.500 adalah Rp 262.500. Ini belum termasuk biaya transaksi, tergantung metode pembayaran yang digunakan.

Membeli tiket dari Tiket.com, harganya lebih murah bila dibandingkan dengan melakukan pembelian dari tempat lain, bahkan dari situs resmi tiketing Kereta Api. Karena jika dihitung, harga tiket saja adalah Rp 95.000, maka harga yang dibayar adalah Rp 285.000 ditambah biaya administrasi pembayaran Rp 7.500.

Singkatnya, saya mendapat harga tiket termurah dari Tiket.com dengan harga Rp 262.500 untuk 3 tiket kereta ekonomi Jaka Tingkir. Saya mendapat bukti pembayaran yang disebut voucher, berupa berkas PDF yang menyantumkan kode booking dan ringkasan pembelian tiket.

Voucher berisi kode booking ini nantinya ditukar menjadi tiket, bisa dengan menukar di loket atau menggunakan mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) di stasiun.

Pembatalan Tiket

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, saya dan pacar akhirnya tidak berangkat karena pacar terserang typhus. Ollie memutuskan untuk tetep berangkat, maka saya pun mengurus pembatalan tiket saya dan pacar, namun tetap mempertahankan tiket untuk Ollie.

Di lembaran voucher dari Tiket.com terdapat syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Tukarkan dengan tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.
  • Untuk penundaan/perubahan jadwal/pembatalan keberangkatan hanya bisa dilakukan di loket stasiun online terdekat, dengan menunjukkan kartu identitas penumpang sesuai dengan nama yang tertera dalam data reservasi KAI.
  • Pembatalan dapat dilakukan apabila penumpang melapor minimal 30 menit sebelum waktu keberangkatan.
  • Pengajuan pembatalan akan dikenakan pemotongan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket.
  • Pada proses pembatalan tidak boleh diwakilkan kepada orang lain, harus penumpang yang bersangkutan yang tertera dalam tiket dengan menunjukan identitas diri.
  • Pengubahan jadwal hanya dapat dilakukan 1 kali saja per booking, paling lambat H-1 sebelum hari keberangkatan.
  • Wajib membawa kartu identitas diri sesuai nama yang tertera pada voucher saat penukaran tiket fisik kereta api.

Pembatalan Tiket di Stasiun Pasar Senen

loket pembatalan tiket

Selasa, 14 Oktober 2014, saya segera meluncur ke Stasiun Pasar Senen untuk mengurus pembatalan tiket. Sebelumnya saya agak malas mengurus karena saya pikir ribet. Namun ternyata proses pembatalannya cukup mudah dan cepat.

Sampai di Stasiun Pasar Senen, saya langsung menuju ke loket di sebelah utara. Awalnya saya mengira mengurus pembatalan ada di bagian layanan konsumen, namun ternyata ada loket khusus untuk pembatalan tiket.

Ruang loket tampak penuh sesak oleh para calon penumpang yang antre membeli tiket secara langsung. Loket pembatalan terletak di sebelah paling utara dari deretan loket. Saat itu ada 2 loket yang buka, yaitu loket nomor 4 dan 5.

Saya bertanya ke penjaga loket tentang proses pembatalan. Rupanya saya harus mencetak tiket terlebih dahulu, kemudian mengisi formulir, dan menyertakan fotokopi KTP.

Saya lalu menuju ke mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) yang berada di ujung ruang tunggu utara, di samping loket. Mesin CTM yang berjumlah 6 buah, penuh dikerubuti para calon penumpang.

Setelah mengantre sebentar, saya pun berhadapan dengan mesin CTM yang berupa komputer dengan layar sentuh, dan printer dot matrix. Saya kemudian memasukkan kode booking, lalu tekan tomobol “Cetak”. Tak lama, 3 buah lembar tiket langsung tercetak, dengan masing-masing nama tertulis di tiket.

Untung saya masih punya fotokopi KTP, sehingga saya tak perlu repot mencari tukang fotokopi. Namun jika lupa, tukang fotokopi bisa ditemukan di luar stasiun, di seberang Terminal Pasar Senen.

formulir pembatalan tiket KA

Langkah berikutnya, mencari formulir pembatalan. Saya melihat beberapa meja untuk mengisi formulir lengkap dengan contoh pengisian formulir, namun saya tidak menemukan formulir yang dimaksud. Rupanya formulir ini didapat dengan meminta kepada petugas keamanan yang berada di pintu selatan ruang loket.

Setelah mendapat formulir, saya segera mengisi dengan data nama, alamat, nomor telepon, data tiket yang dibatalkan berupa nomor kode booking, nomor seri tiket yang dibatalkan, dan metode pengembalian uang apakah dengan cara tunai atau transfer.

Setelah mengisi lengkap, saya menyerahkan formulir pembatalan tiket, fotokopi KTP, dan 2 tiket yang saya batalkan kepada petugas.

Awalnya saya mengira uang akan dikembalikan saat itu juga, saya menuliskan metode pengembalian tunai. Namun rupanya uang akan dikembalikan 1 bulan setelah proses pembatalan. Jika memilih dengan cara tunai, uang harus diambil ke stasiun. Saya pun  lalu mengubah metode pengembalian uang menjadi transfer dengan menuliskan rekening bank saya. Menurut petugas, bank mana pun bisa digunakan.

Saya kemudian diberi lembar bukti pembatalan tiket, yang berisi kode booking, nomor seri tiket yang dibatalkan, nomor kereta api, nama kereta api, tanggal berangkat, asal-tujuan kereta api, nama pemohon pembatalan, jumlah uang yang dikembalikan, alasan pembatalan, tanggal pembatalan, tangal pengembalian, metode pengembalian, petugas loket, dan nomor loket.

Saya mendapat uang pengembalian untuk 2 tiket sebesar Rp 130.000, yang akan dikembalikan pada tanggal 13 November 2014 melalui rekening BCA.

Selesai. Saya pun pulang dengan membawa lembar bukti pembatalan dan tiket kereta atas nama Ollie.

Update: uang tiket sebesar Rp 130.000, telah ditransfer ke rekening BCA saya pada tanggal 11 November 2014, lebih cepat 2 hari dari tanggal yang dijanjikan. Good job, PT KAI!

Ringkasan Langkah-Langkah Pembatalan Tiket

  1. Datang ke stasiun.
  2. Siapkan bolpoin atau alat tulis.
  3. Siapkan fotokopi KTP 1 lembar.
  4. Tiket yang telah dicetak, bisa dicetak di mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) di stasiun dengan memasukkan kode booking ke mesin CTM.
  5. Mengisi formulir pembatalan tiket, menyantumkan kode booking dan nomor seri tiket yang dibatalkan.
  6. Menyerahkan formulir ke loket pembatalan disertai fotokopi KTP dan tiket yang dibatalkan.
  7. Menerima bukti pembatalan tiket.
  8. Uang akan diterima paling lambat 1 bulan setelah pembatalan.
18 responses
  1. Gravatar of susan
    susan

    Saya sedang berada di Serang, sudah memesan tiket untuk Bandung-jogja. Apakah pembatalan bisa dilakukan dari stasiun serang?

    Seandainya saya hanya mengubah jadwal, apakah dikenai potongan biaya juga? Trims ya infonya

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    saya kurang tahu. jika sistemnya online, logikanya sih bisa. tapi sebaiknya perlu tanya ke PT KAI melalui telepon di 021-121.

  2. Gravatar of ardi
    ardi

    saya mau bertanya, kalau tanpa fotocopy ktp penumpang tapi pake fotocopy pemesan bisa ga??

  3. Gravatar of Aisyah
    Aisyah

    Saya mau tanya, kalau mau batalin 2 tiket tapi fotocopy ktpnya itu salah satunya aja atau duaduanya ya?

  4. Gravatar of Nurahman
    Nurahman

    Mas, itu bener ya paling lambat sebulan transfer uangnya? saya mau retur tiket lebaran saya hehe takutnya lama ditransfernya

  5. Gravatar of Dimas Muharam
    Dimas Muharam

    nice info gan. baru tahu nih ada metode transfer juga. tadinya saya kira cuma bisa diambil tunai di loket stasiun aja. oia, itu tiket yang agan batalin dua kan? yang atas nama agan dan nama pacar agan? itu berarti bisa ya dengan diwakilkan satu orang tapi dibawa fotokopi KTP-nya saja? ga harus semua orang yang tertulis namanya yang datang? thanks

  6. Gravatar of isni
    isni

    Saya mau tanya nih.
    Saya pesan tiket ka untuk tgl 19 jul 2015.dari pasar senen ke madiun
    .dengan kode boking VQTY1P.setelah sy byr dan cetak ternyata atas nama YUSNI.
    Bisa di rubah ga nama nya.

  7. Gravatar of andik
    andik

    tiketnya hangus

  8. Gravatar of Franda Achyadi
    Franda Achyadi

    Saya mau tanya gan, saya juga melakukan pembatalan tiket ditulis 30 Maret 2015 dan tgl pengembalian 2 bulan melalui transfer bank Mandiri yaitu 29 Mei 2015. Tp nyatanya sampai hari ini belum juga ditransfer oleh Pt. Kai. Yg ingin saya tanyakan: saya harus menghubungi kemana gan, sementara dibukti pembatalan tiket tdk tercantum Nomor telepon Pt. Kai yg bisa dihubungi. Saya melakukan pembatalan diloket stasiun Bekasi. Terimakasih sebelumnya gan, atas informasinya.

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    coba tanya ke PT KAI, kak..

  9. Gravatar of Sulistyo
    Sulistyo

    Waktu pengembalian uang tiket batalan kereta api bervariasi. Ada yang lebih cepat, ada yang tepat waktu, ada pula yang telat, bahkan ada yang sampai melewati hari ke 45. Disarankan jika waktu menunggu sudah 45 hari (khusus untuk proses transfer ke rekening), pemohon bisa menanyakan masalah ini kepada petugas call center PT.KAI di nomor 121 atau customer service di stasiun.

  10. Gravatar of rangga amukti
    rangga amukti

    nama saya rangga saya dari malamg ingin pulang ke jakarta tanggal 21 agustus tapi berhubung terlalu lama menunggu saya ingin batalkan tiket saya kejakarta ternyata saya bareu tahu bahwa pengenbalian uang nya tidak dapat diambil secara langsung pada saat itu juga saya harus menunggu selama 1 bulan untuk mendapatkan uangnya secara tunai sekarang saya menyesal membatalkan tiket saya ke jakarta sekarang saya sudah ke habisan uang di kota malang malah tidak ada tempat ringgal yg jelas krna tidak punya uang sekarang saya menjadi gembel di kota malang kelaparan dan kedinginan mencari tenpat tinggal wasallam

  11. Gravatar of Agung
    Agung

    Saya distasiun kbumen menemukan custumer servise yang kurang memuaskan….saya bermaksud membatalkan jadwal tiket dan membeli tiket baruu namu tidak bisa jadi harus perubahan jadwal bahkan saya memilik tiket yang jauh lebih murah tapi tetwp aja gak ada uang pengembalian.

  12. Gravatar of wong ganteng
    wong ganteng

    Saya mau nanya hal yang tidak perlj ditnya boleh ndak?

  13. Gravatar of Nurathiyyah yulinda
    Nurathiyyah yulinda

    Permisi… Mau tanya. Saya pesan tiket via minimarket, tapi nomor identitasnya salah.. Kira2 tetap berlaku atau ga yaa tiketnya? Terimakasih

  14. Gravatar of Astrid
    Astrid

    Permisi..mw tanya klo jdwl pengembalian pembatalan tiket distasiun nya sudah lewat apa masih bisa diambil ya???
    Terima kasih

  15. Gravatar of Andri yuli astuti
    Andri yuli astuti

    Sy mau tanya…sy pesen tiket untuk tgl 26 maret 2017.. Trus sy mau cetak sekarang bisa ga ya?
    Dan untuk rubah jadwal keberangkatan apakah bs on line? Trimkasih

  16. Gravatar of Novi utami
    Novi utami

    Harus nya saya mengambil uang pembatalan tanggal 18 januari 2019 , tapi saya lupa , skrng udah tanggal 25 januari 2019 , masih bisa diambil ga ya